Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Post Icon

Mahasiswa Sebagai Agent of Change, Agent of Control, dan Iron Stock


Indonesia, negeri yang elok dengan berbagai macam budaya, bahasa serta kekayaan alamnya memberikan pandangan tersendiri di mata dunia. Letak Indonesia yang sangat strategis, yaitu diantara dua benua dan diantara dua samudra membuatnya dijadikan sebagai jalur perdagangan dunia dimasa lampau. Hampir semua orang di penjuru dunia pernah datang dan singgah di Indonesia. Dan kekayaan Indonesia selalu menjadi kesan tersendiri bagi  orang asing yang pernah datang dan singgah. Hal ini menyebabkan Indonesia tidak dipandang sebelah mata oleh dunia.
Akan tetapi, dibalik kekayaan Indonesia yang dapat menyilaukan dunia, ternyata masih terdapat banyak kebobrokan moral para pemimpinnya. Mengingat Indonesia adalah negara yang sedang berkembang, negara dengan jumlah penduduk terpadat nomor empat di dunia yaitu dengan 200 juta lebih jiwa yang pastinya menjadi tantangan serius bagi pemerintah. Pemerintah dituntut untuk mensejahterahkan semua penduduknya, namun pada kenyataannya tidak semua penduduk sejahtera. Masih ada penduduk Indonesia yang hidup di bawah standar kelayakan.
Maka dari itu, untuk menghindari kebrobokan moral para pemimpin di masa mendatang, perlu adanya perubahan terutama pada kalangan pemuda calon pemimpin bangsa Indonesia. Dan dalam hal ini pun lebih dibebankan pada kalangan mahasiswa. Karena sebagai seorang pembelajar dan bagian dari  masyarakat, mahasiswa memiliki peran kompleks dan menyeluruh sehingga dikelompokkan dalam tiga fungsi, yaitu Agent of Change, Agent of Control, dan Iron Stock. Dengan fungsi tersebut, tentu saja tidak dapat dipungkiri bagaimana peran besar yang diemban mahasiswa untuk mewujudkan perubahan bangsa. Ide dan pemikiran cerdas seorang mahasiswa mampu merubah paradigma yang berkembang dalam suatu kelompok dan menjadikannya terarah sesuai kepentingan bersama. Sikap kritis mahasiswa sering membuat perubahan besar dan membuat para pemimpin yang tidak berkompeten menjadi gerah dan cemas. Dan suatu hal yang menjadi kebanggaan mahasiswa adalah semangat membara untuk melakukan sebuah perubahan.
Mahasiswa sebagai Agent of Change artinya mahasiswa sebagai agen dari suatu  perubahan. Yaitu seorang pemuda yang harus memberikan kontribusi yang kongkret terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Pemuda harus menjadi garda terdepan dalam mendobrak setiap kebijakan pemerintah dalam hal pendidikan yang berpihak pada rakyat kecil. Di lain hal mahasiswa bukan hanya sekedar agen perubahan, namun mahasiswa juga sepantasnya menjadi agen pemberdayaan setelah perubahan yang berperan dalam pembangunan fisik dan non fisik sebuah bangsa.
Sebagai Agent of Control mahasiswa dapat berperan sebagai elemen pengawal segala jenis kebijakan pemerintah yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Mahasiswa juga dapat menjadi peran penting daam mendorong dan memaksa pemerintah dalam mewujudkan good governance dalam sistem pemerintah. Peran aktif mahasiswa sebagai pengawal dan pendorong good governance ini dilakukan dalam rangka menciptakan kesejahteraan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.
Mahasiswa sebagai juga sebagai Iron Stock, yaitu mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi sebelumnya. Mahasiswa segabai seorang calon pemimpin bangsa masa depan, menggantikan generasi yang telah ada dan melanjutkan tongkat estafet pembangunan dan perubahan. Mahasiswa juga harus memiliki sikap kepemimpinan, kemampuan memposisikan diri, dan interaksi lintas generasi dan sensitivitas yang tinggi.
Mahasiswa merupakan kelompok pelajar yang bisa dikatakan sebagai golongan terdidik, karena mampu untuk mengenyam pendidikan tinggi di saat yang lain dalam usia yang sama masih bergelut dalam kemiskinan dan keterbatasan biaya dalam mengakses pendidikan, terutama pendidikan tinggi. Predikat tersebut tentulah dapat disinonimkan bahwa mahasiswa merupakan kaum intelektual yang mempunyai basis keilmuan yang kuat sesuai dengan jurusan yang diambil masing-masing mahasiswa. Berarti mahasiswa memiliki kemampuan akademik yang dapat diandalkan sebagai salah satu aset negara ini. Tapi, mahasiswa juga merupakan sebuah entitas sosial yang selalu berinteraksi dengan masyarakat dari segala jenis lapisan. Sehingga mahasiswa pun dituntut untuk memainkan peran aktif dalam kehidupan sosial masyarakat.
Sebagai seorang generasi penerus, mahasiswa juga dituntut untuk mampu dan siap untuk berhadapan langsung di dalam masyarakat. Untuk itu, perlu diadakan wadah di wilayah kampus untuk mengimplementasikan ketiga fungsi mahasiswa di atas, serta untuk membangun mentalitas kepemimpinan mahasiswa. Misalnya, organisasi-organisasi di dalam kampus tempat mahasiswa belajar. Selain itu juga dengan gerakan-gerakan pengabdian masyarakat. Sehingga mahasiswa akan terbangun mentalnya sedikit demi sedikit dan mahasiswa pun telah siap untuk terjun di dalam masyarakat.
Idealnya, mahasiswa menjadi panutan dalam masyarakat berlandaskan dengan pengetahuannya, tingkat pendidikannya, norma yang berlaku di sekitarnya, serta pola berpikirnya. Namun pada kenyataannya, tidak jarang bahwa mahasiswa hanya mendalami ilmu-ilmu teori di bangku perkuliahan saja dan sedikit sekali diantaranya yang berkontak langsung dengan masyarakat. Mahasiswa yang acuh terhadap masyarakat mengalami kerugian yang besar jika ditinjau dari segi hubungan keharmonisan dan penerapan ilmu. Dari segi keharmonisan, mahasiswa tersebut sudah menutup diri dari lingkungan sekitarnya sehingga muncul sikap apatis dan hilangnya silaturahim seiring hilangnya harapan masyarakat kepada mahasiswa. Dari segi penerapan ilmu, mahasiswa yang acuh akan menyia-nyiakan ilmu yang didapat di perguruan tinggi.
Maka komplekslah peran mahasiswa sebagai pembelajar sekaligus pemberdaya yang ditopang dalam tiga peran, yaitu sebagai agent of change, agent of control, dan iron stock. Hingga suatu saat nanti bangsa ini akan menyadari bahwa mahasiswa adalah generasi yang ditunggu-tunggu oleh bangsa ini.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar